Sepuluh Fakta yang Tidak Orang Tahu tentang ZIARAH BATIN

 “Ziarah Batin”. Apa yang “nyantol” di kepala Anda ketika mendengar dua kata tersebut? Semoga bukan kue yang lezat atau daging bakar yang membuat Anda tidak berpikir soal “naik timbangan” kalau di hadapannya. Lalu, apa itu Ziarah Batin?

Berikut terasvita.com menyajikan sepuluh data fakta perihal Ziarah Batin. Nomor 9 paling woowwwww….

Buku Renungan Harian Tertua di Indonesia
Ziarah Batin adalah sebuah buku renungan harian sepanjang tahun, dari tanggal 1 Januari sampai tanggal 31 Desember. Buku ini menemani permenungan harian umat di Nusantara sejak tahun 1995. Dalam golongan buku renungan harian, ia berada di posisi yang paling tua, dibandingkan buku renungan-renungan harian lainnya di Nusantara. 

Diterbitkan oleh Penerbit Milik KWI
Fakta lain tentang buku ini adalah diterbit oleh Penerbit Rohani OBOR, milik uskup-uskup seluruh Indonesia yang bernaung di bawah payung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Karena berada di bawah naungan KWI, buku ini, dalam kadar tertentu, adalah mandat para uskup untuk menyebarluaskan warta sukacita Kristus ke seluruh pelosok Nusantara.

Pemberi Nihil Obstat oleh Seorang Profesor Kitab Suci
Buku yang sudah menginspirasi umat Katolik di Nusantara selama 25 tahun ini diberi nihil obstat oleh seorang profesor Kitab Suci di STF Driyarkara, Jakarta, yakni Prof. Dr. Martin Harun OFM. Sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1995, Prof. Martin, begitu beliau akrab disapa, selalu menjadi pemberi nihil obstat buku ini. Dengan demikian, renungan dalam buku ini secara teologis tidak menyimpang dari ajaran resmi Gereja.

Buku Best Seller di Penerbit OBOR
Di antara ribuan buku yang pernah diterbitkan OBOR, sejak berdirinya pada 1947, buku Ziarah Batin merupakan salah buku dengan jumlah yang terjual paling banyak atau best seller. Dari tahun ke tahun, buku Ziarah Batin habis terjual antara 40 ribu sampai 60 ribi eksemplar.

Lengkap dengan Kalender Liturgi
Selain berisi bacaan Injil dan renungan harian, buku Ziarah Batih juga dilengkapi dengan kalender liturgi. Dengan demikian, di dalamnya, Anda menemukan perikop-perikop bacaan liturgi harian, tanggal-tanggal hari raya, pesta, dan peringatan.

Terdapat Profil Singkat Paus dari Masa ke Masa
Sepanjang sejarah Gereja, sudah ada 266 orang tokoh yang pernah duduk sebagai Paus. Di dalam Ziarah Batin, Anda akan menemukan sosok-sosok itu, antara lain, nama kepausan, nama asli, tanggl lahir, tanggal wafat, dan masa bakti. 

Ada Lembaran Catatan Harian dan Bulanan
Buku Ziarah Batin tentu saja tidak diorbitkan untuk menggantikan Kitab Suci. Buku ini merupakan buku renungan harian. Ada beragam renungan di dalamnya. Di samping itu, ada kolom di mana para pembaca bisa menulis catatan harian atau bulanan berdasarkan firman Tuhan pada hari tersebut dan renungan atas bacaan tersebut.

Ditulis oleh Penulis Berbeda
Ziarah Batin tidak ditulis oleh satu orang saja. Akan tetapi, ada banyak “tangan” yang turut mewarnai isi di dalamnya. Hal positif dari banyaknya penulis ini adalah adanya kekayaan sudut pandang. Selain itu, cerita-cerita ilustratif di dalamnya lebih beragam. 

Ziarah Gratis ke Tanah Suci dan Eropa
Ziarah ke Tanah Suci atau Eropa merupakan impian banyak orang. Setiap tahun biro travel tak pernah sepi mengantar para peziarah ke tempat-tempat bersejarah itu. Ziarah Batin pun mengambil bagian dalam misi itu, yaitu mengantar semakin banyak orang ke Tanah Suci dan Eropa. Misi itu diupayakan melalui kerja sama dengan Renata Tour and Travel dan Stela Kwarta Tour and Travel. Para pembaca Ziarah Batin akan mendapat kesempatan yang sama untuk ke sana melalui undian kupon dengan kuota 2 orang ke Eropa dan 2 orang ke Tanah Suci.

Konsisten Diterbitkan Selama 25 Tahun
Satu hal yang patut disyukuri dari Ziarah Batin adalah konsisten terbit selama 25 tahun. Sebuah rentang waktu yang tidak singkat. Ada dinamika pasang-surut menyertai perjalanannya hingga saat ini. Dan kesanggupan itu, bukan pekerjaan manusia semata, melainkan terutama pekerjaan Allah (bdk.2 Korintus 3:5). Tahun depan Ziarah Batin masih dan pasti akan terbit. Pesan yuk… mulia dari sekarang via obormedia.com!!! “Perjalanan panjang” ini kami ingin menutupnya dengan tuturan Mgr. Ignatius Suharyo perihal Ziarah Batin: “Gagasan untuk menerbitkan Ziarah Batin pada 25 tahun yang lalu adalah gagasan yang cerdas dan cemerlang dalam rangka memberikan bantuan kepada umat bertumbuh menuju kepenuhan hidup kristiani, kesempurnaan kasih dan kesucian, yang merupakan panggilan kita semua…”

Rian Safio _ Penerbit OBOR

One thought on “Sepuluh Fakta yang Tidak Orang Tahu tentang ZIARAH BATIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *