Gereja Yang Hadir Di Sini dan Sekarang

Rp. 27.000
SKU: 40417007
978-979-565-814-6
Dr. Leonardus Samosir OSC

 Rp. 30.000

Peta Eklesiologi Menurut Dokumen KWI

Tidak kurang teolog seperti Karl Rahner menyebut Konsili Vatikan II sebagai peristiwa mewujudnya ”Gereja Dunia”. Memang, pada hakikatnya Gereja adalah Gereja Dunia, namun aktualisasi hakikat Gereja ini mulai muncul dengan ”malu-malu” lewat Konsili Vatikan II. Gereja tampaknya mulai meninggalkan karakter ”eurosentris” (eropa menjadi pusat) yang bagaikan ”perusahaan ekspor” membawa iman Kristiani ke wilayah lain.  

Ungkapan Rahner tadi tergambar juga dalam gerak Gereja Katolik di Indonesia. Dengan inspirasi dan dukungan dokumen-dokumen Konsili Vatikan II, Gereja Katolik di Indonesia berusaha untuk setia kepada warta injili, tetapi sekaligus ”bertemu” dengan situasi lokal. 

Buku Peta Eklesiologi Menurut Dokumen KWI ini hendak menggambarkan dinamika Gereja di atas. Gambaran ini hendak disasar dari dokumen-dokumen yang dikeluarkan oleh Konferensi Waligereja Indonesia.

Membaca buku Peta Eklesiologi ini kiranya kita akan mendapatkan gambaran dan posisi kita di tengah hidup menggereja di Indonesia. Sekaligus diharapkan para pembaca akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang arah pastoral hidup menggereja yang muncul dalam berbagai keuskupan di Indonesia. 

Dimensions: 15 cm × 23 cm × 0 cm