Ex Latina Claritas - Dari Bahasa Latin Muncul Kejernihan

Rp. 54.000
SKU: 40810001
978-979-565-555-8
Pius Pandor CP

 Harga Rp 60.000

101 Kata Mutiara Tersohor Latin-Indonesia

Ora et Labora, berdoa dan bekerja, pepatah Latin ini kerap kita dengar, begitu pula dengan mens sana in corpore sano. Kita juga pernah mendengar perkataan Vox Populi, Vox Dei, yang berarti “Suara Rakyat adalah Suara Tuhan” ini kerapkali terdengar saat kampanye suatu partai yang seolah-olah mengatasnamakan rakyat. Kalimat ini cukup ampuh untuk menarik massa pendukung. Tapi tahukan kita, siapakah pencetus moto ini dan bagaimana kata-kata tersebut tercipta?.

Kerapkali kita juga mendengar kalimat Homo Homini Lupus (manusia adalah serigala bagi sesamanya). Mengapa perkataan ini muncul? Dalam konteks apakah kalimat tersebut berawal? Ternyata berawal dalam konteks perdagangan khususnya dalam hal pinjam meminjam uang. Apa iya? Lalu apa artinya Homo Homini Deus? Pax et Bonum? Ubi Amici, ibidem opes? Amor Patitus Moras? Kita tidak memahami, padahal kata-kata tersebut dekat sekali dengan kehidupan kita.

Ex Latina Claritas, Dari Bahasa Latin Muncul Kejernihan, demikian buku ini diberi judul. Ada 101 pepatah latin yang ada dalam buku ini, bukan hanya sekadar pepatah, namun berikut penjelasan dan dalam konteks apakah perkataan itu berawal, lalu bagaimana akhirnya pepatah itu menjadi semacam kata-kata untuk menguatkan suatu pernyataan?

Buku ini sekaligus merupakan hasil dari suatu permenungan orang-orang bijak dan saleh yang disarikan bagi kita. Dan melalui bahasa Latin, kita pun bisa menjadi bijak dan memiliki kejernihan dalam berpikir. Pastor Pius Pandor CP, Licensiat Filsafat lulusan Roma, Sang Penulis, menulis dengan sangat indah dan ringan sehingga mudah dicerna oleh mereka yang ingin mengetahui makna dibalik pepatah lain tersebut.

Buku ini memang layak dimiliki oleh para aktivis, politisi, pemuka agama, mahasiswa, biarawan/wati, para frater, wartawan, seminarist, imam, bruder,.... bahkan kaum awam sekalipun yang ingin belajar bijak melalui ungkapan Latin.

Soft Cover; 13x20 cm; 296 hlm
Cet. I: 2010
Cet. II: 2012

Weight: 140 g
Dimensions: 0 cm × 13 cm × 20 cm